Bugatti Veyron Super Sports - More than 413 Km/h
Mobil Berbahan Bakar Air Dari Jepang
Produksi massal masih cukup lama
Perusahaan Jepang Gene-pax baru-baru ini memperkenalkan sistem baru
yaitu penggunaan energi air yang pertama dan mendemonstrasikan
kemampuannya untuk menggerakkan mobil elektrik.
Hal ini telah mengundang banyak keraguan, tetapi Gene-pax mengatakan
bahwa mereka sedang mengumpulkan data pihak ketiga untuk mendukung
teknologinya dan merencanakan presentasi yang terperinci kepada media.
Ketika melakukan uji coba di Osaka, Jepang, air dituangkan ke dalam
suatu kontainer besar di dalam bagasi mobil elektrik kecil itu, dan
setelah itu mobil dapat dengan otomatis beroperasi. Sebagian orang
berpikir bahwa uji coba ini adalah cara untuk menarik investor, mengutip
klaim-klaim yang serupa di masa lalu dan kemudian ternyata tak mungkin
dikerjakan.
Berita tentang uji coba mobil berbahan bakar air itu telah menarik
perhatian banyak media di Jepang, tetapi Genepax tidak memberitahukan
inovasinya secara terperinci.
“Kami memahami kritik-kritik ini karena kami tidak bisa menginformasikan
inti bagian dari penemuan ini,” kata Jun Onishi, PR Manager
Perusahaan itu.
Menurut Onishi, Genepax bukanlah pabrik mobil tetapi merupakan penemu
sebuah sistem yang dapat ‘menghasilkan panas dan elektrik dari air
murni.’ Uji coba menunjukkan bahwa air dapat digunakan untuk memotori
mobil elektrik. Sistem itu digunakan untuk mengisi
Baterai mobil elektrik yang dimanufaktur oleh Takeoka Mini Car Products Co., Ltd.
Sistem Genepax ini menggunakan suatu metode bernama membrane electrode
assembly (MEA) atau metode perakitan elektrode membran, di mana
Hidrogen digunakan untuk menghasilkan
Arus
elektrik seperti pada sel bahan-bakar hidrogen. Sementara sel bahan
bakar hidrogen memerlukan gas untuk diisi dan disimpan di dalam tangki
tekanan tinggi, dan hidrogen yang digunakan pada sistem ini secara
langsung berasal dari air.
Sistem Genepax mengekstraksi hidrogen dari air secara lebih efektif
dibanding metode lain dimana pun. Selama air ditambahkan kepada sistem,
hidrogen akan secara terus-menerus diekstraksi.
“Teknologi kami tidak memerlukan energi dari luar untuk memecah hidrogen
dan oksigen dari (air),” kata Onishi. Onishi mengatakan bahwa pihak
ketiga yang diberi hak akan memberikan data untuk mendukung klaim
perusahaan itu.
Genepax telah mendemokan suatu sistem dengan output sebesar 120 watt dan
yang lainnya dengan output sebesar 300 watt. Biaya produksi untuk satu
sistem berkisar hingga $18,500. Dengan produksi masal, biaya tersebut
dapat ditekan hingga $5,000, menurut Genepax.
“Sudah ada beberapa perusahaan yang percaya pada kami dan sedang merencanakan produksi secara massal”, kata Onishi.
Menurut laporan Nikkei Techon, sebuah jaringan media berita teknis di
Jepang, mereka sedang berencana untuk merancang sebuah sistem 1 kilowat
yang dapat digunakan untuk mengisi baterai sekunder pada sebuah
kendaraan elektrik. (
erabaru)
Cara Merawat Motor 4 Tak Agar Awet
Setiap pengendara motor tentu ingin tunggangannya terawat dengan
baik, dan irit bahan bakar seperti sepeda motor 4 tak. Untuk mereka yang
menggunakan motor sebagai kendaraan operasional, tentu berharap
kendaraannya akan berumur panjang.
Untuk para bikers, sebutan bagi para pengendara motor, merawat
kondisi mesin dan atribut motor adalah hal yang wajib. “Setelah jarak
tempuh motor mencapai maksimal 3000 km, oli mesin harus diganti,” jelas
Deny, mekanik dari bengkel Clinic di Jl. Kerja Bakti, Jakarta Timur.
Nah, ada berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus Anda lakukan secara berkala, diantaranya adalah:
1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya
masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai
12 ribu km, sebaiknya businya di ganti,” jelas Deny yang lulusan
Sekolah teknik Mesin (STM).
Perhatikan pula keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke
busi, bila sudah cukup umur, terlihat ada retakkan dan pengerasan di
kabel, sebaiknya segera diganti.
2. Cek Filter Karburator
Menurut Deny, filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan
kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu
dilumasi oli setelahnya. “Umumnyamotor keluaran tahun 1990-2000-an,
menggunakan model filter basah seperti ini,” tambahnya.
Sedang motor keluaran tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe
kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan
kompresor. “Tapi model ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti
setiap mencapai 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak,”
papar pria berusia 23 tahun ini.
Filter oli pun harus diperhatikan, “Motor tahun 90-an tidak
menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas,
menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu
km.”
3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, “Bila
rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan
oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau
sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km.”
Penghobi motor sejak SD ini, juga menyarankan Anda untuk tidak lupa
memeriksa kondisi gir. “Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau
tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba,” kata Deny.
Khusus motor jenis Matic yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak
dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir
sudah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila
sudah terlihat menipis.
4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor
tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin
dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu
dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin,
untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,”
paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu
hingga 18 ribu km.
5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis
aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). “Tapi
setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti,” terang Deny.
“Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi,” lanjutnya.
Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak
mampu di starter. Deny tidak menyarankan untuk memaksa motor menyala
dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.
6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup
1-2 menit saja. Fungsinya, menurut Deny, agar sirkulasi oli dapat
melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. “Tidak perlu
lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning.”
7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas
karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang
palsu.
Selain beberapa hal di atas, Deny juga mengingatkan para bikers untuk
selalu memeriksa tekanan ban Anda. “Tekanannya jangan terlalu keras dan
jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang banmotor menjadi
rusak.”
Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri, namun bila
tak punya waktu atau kurang mengerti caranya, carilah bengkel tempat
servis langganan atau yang dapat Anda percayai. Jika Anda bersahabat dan
rajin merawat kendaraan, makamotor kesayangan Anda pun akan selalu
tampil prima. (TIS)
Komponen Dan Fungsi Karburator
Karburator merupakan alat yang berperan penting pada sepeda motor,
yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untuk sebuah
mesin pembakaran dalam. Karburator yang tidak berfungsi dengan baik akan
mempengaruhi suplai bahan bakar.
Komponen-komponen penting pada karburator diantaranya:
1. Tabung Skep.
Berfungsi membuka lubang venturi, sehingga udara yang dibutuhkan makin
besar. dalam tabung skep terdapat pegas yg berfungsi untuk mengembalikan
tabung Skep ke posisi semula saat handle gas di lepas.
2. Jarum skep / Jet needle
Jarum skep ini berada di dalam tabung Skep tugasnya membuka debit bahan
bakar, semakin terangkatnya jarum skep, maka debit bahan bakar yang
masuk ke venturi semakin banyak. Jarum skep memiliki setelan klip. Jika
posisi klip semakin di bawah, bahan bakar semakin boros. begitu juga
sebaliknya.
3. Main Jet
Berfungsi untuk mensuplai bahan bakar di saat mesin putaran tinggi.
4. Pilot Jet
Berfungsi buat mensuplai bahan bakar di putaran rendah (stasioner)
hingga 4.000 rpm. Saat gas di tarik suplai pun berangsur hilang dan
beralih ke Main jet yg akhirnya digantikan secara penuh oleh main jet di
putaran atas.
5. Idle Screw
Idle screw bertugas menaikkan atau menurunkan rpm engine. Semakin ke
dalam (di putar ke kanan), baut akan mendorong tabung skep naik ke atas.
6. Air screw
Bekerja mengatur campuran udara dan bahan bakar ideal. Setiap motor
punya setelan berbeda. Tapi, biasanya 2 hingga 2,5 putaran setelah
ditutup habis.
7. Pelampung & Jarum pelampung ( Float & Float valve)
Kedua part ini berfungsi sebagai keran buka-tutup aliran bensin dari tangki bahan bakar.
Ketika bensin di mangkuk karbu penuh, maka jarum yg berada di lidah
pelampung akan menutup aliran bensin yang masuk. Di dalam mangkuk juga
terdapat pipa yang tugasnya membuang bensin yang penuh di mangkuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar